Contoh PTK SD : Peningkatan Pendidikan Agama Islam Melalui Pembahasan di SD
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran
PAI melaui pembiasaan di SD. (2) Adanya peningkatan pendidikan agama Islam melalui
pembiasaan di SDN. Berdasarkan judul tersebut, maka penulis
mengajukan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana pelaksanaan
pembelajaran PAI melalui pembiasaan di SD ?. (2) Adakah peningkatan Pendidikan Agama Islam
melalui pembiasaan di SD ?.
Dari rumusan masalah tersebut diharap penelitian ini bermanfaat sebagai
(1) Bahan masukan yang objektif dalam meningkatkan Pendidikan Agama
Islam di SD. (2) Pedoman dalam mengatasi dan
menanggulangi permasalahan dalam proses belajar mengajar di sekolah, dan
(3) Peningkatan kualitas pembelajaran terutama pada pembelajaran Agama
Islam sehingga memperkecil kesulitan yang dihadapi oleh guru dan peserta
didik khususnya. Penelitian ini adalah jenis penelitian
tindakan kelas istilah dalam bahasa Inggris adalah Classroom Action Research (CAR). Penelitian
tindakan
kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri
melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya
sehingga hasil belajar siswa meningkat. Penelitian
tindakan kelas ini merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah
tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama.
Tindakan
tersebut diberikan oleh guru atau dengan arahan dari guru yang
dilakukan oleh siswa. Prestasi belajar merupakan tingkat kemanusiaan
yang dimiliki siswa dalam menerima, menolak dan menilai
informasi-informasi yang diperoleh dalam proses belajar mengajar.
Prestasi belajar seseorang sesuai dengan tingkat keberhasilaan sesuatu
dalam mempelajari materi pelajaran yang dinyatakan dalam bentuk nilai
setelah mengalami proses belajar mengajar. Prestasi belajar siswa dapat
diketahui setelah diadakan evaluasi. Hasil dari evaluasi dapat
memperlihatkan tentang tinggi rendahnya prestasi belajar siswa. Prestasi
belajar di sini merupakan prestasi belajar yang diperoleh pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Peningkatan prestasi yang
dilaksanakan menggunakan metode pembiasaan, yaitu pembiasaan yang
dilaksanakan ada yang sebelum pelajaran dan pada awal pelajaran, yaitu
antara lain dengan: musyafakhah (bersalaman), doa sehari-hari,
surat-surat pendek dari Al Quran, dan bacaan-bacaan shalat. Yang
akhirnya bisa kita lihat dari hasil penelitan bahwa dalam pembelajaran
pada siklus I menghasilkan rata-rata 70, setelah di lakukan pembelajaran
pada siklus II rata-rata naik menjadi 78,2. Jadi pembelajaran pada mata
pelajaran PAI dengan menggunakan metode pembiasaan bisa meningkatkan
prestasi belajar PAI siswa di SD. Dan untuk melanjutkan
kebiasaan siswa dalam pembiasaan-pembiasaan yang sudah dilaksanakan baik
dari mulai awal sekolah sampai dengan pulang sekolah, peneliti masih
melanjutkan penggunaan metode pembiasaan karena sudah terbukti bisa
meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan demikian hipotesis
tindakan
dan indikator keberhasilan dapat dicapai sehingga tidak perlu dilakukan
siklus berikutnya. Berdasarkan hasil tes praktik siklus II dengan
rata-rata hasil belajar peserta didik 78,2 dan ketuntasan belajar 82 %,
maka dapat disimpulkan dengan penerapan metode pembiasaan dapat
meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas V SD..
0 komentar:
Posting Komentar