Contoh PTK MI : Upaya Meningkatkan Pemahaman Cara Membaca Al-Quran pada mata Pelajaran Tajwid Melalui Metode Drill Siswa Kelas II)

Advertisement
advertisement

Contoh PTK MI : Upaya Meningkatkan Pemahaman Cara Membaca Al-Quran pada mata Pelajaran Tajwid Melalui Metode Drill Siswa Kelas II

upaya meningkatkan pemahaman cara membaca Al-Quran pada mata pelajaran tajwid melalui metode Drill. Untuk itu guru harus benar-benar memahami tujuan mengajar secara khusus yaitu memilih metode mengajar yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana penerapan metode drill pada mata pelajaran tajwid di kelas II  (2) Apakah metode drill dapat meningkatkan pemahaman cara membaca Al-Quran mata pelajaran tajwid pada siswa kelas II Madrasah Diniyah Darul Hikmah Bancak Kabupaten Semarang tahun 2010? Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus.

Kajian ini menunjukkan bahwa : (1) Penerapan metode drill pada mata pelajaran tajwid pokok materi membaca dan menulis huruf idhar, idhom bighunah, idhom bilaghunah, ikhfak, dan iqlab di kelas II  dilakukan dengan berbagai siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi, perencanaan dilakukan peneliti yaitu peneliti membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (terlampir), merancang pembentukan kelompok, dan menggunakan media, peneliti menyiapkan lembar observasi (terlampir) dan pendokumentasian. 2) Peningkatan pemahaman cara membaca Al-Quran mata pelajaran tajwid pokok materi membaca dan menulis huruf idhar, idhom bighunah, idhom bilaghunah, ikhfak, dan iqlab di kelas II setelah menggunakan metode drill dapat di lihat dari peningkatan hasil belajar dari siklus I (27,27%), siklus II (45,45%), siklus III (90,90%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan membaca dan menulis huruf idhar, idhom bighunah, idhom bilaghunah,ikhfak, dan iqlab siswa kelas II dengan menggunakan metode drill dapat meningkat.
Advertisement
advertisement
Contoh PTK MI : Upaya Meningkatkan Pemahaman Cara Membaca Al-Quran pada mata Pelajaran Tajwid Melalui Metode Drill Siswa Kelas II) | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar