Contoh PTK MI : Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Mufradat Bahasa Arab Materi Fi Al-Maktabah dengan Media Gambar (Studi Tindakan pada Kelas V Madrasah Ibtidaiyah
dilatar belakangi di kelas V Madrasah Ibtidaiyah
Salam proses pembelajaran masih menggunakan media konvensional seperti
papan tulis dan kapur tulis sehingga siswa kurang tertarik dengan
pembelajarannya dan pada akhirnya hasil yang didapatkan jauh dari ideal,
jika dilihat dari tingkat ketuntasan pada semester 1 tahun ajaran
2010/2011 hanya berkisar pada 42 % dari jumlah seluruh peserta didik.
Sebagai upaya meningkatkan kemampuan anak dalam menghafal mufradat
bahasa arab pada mata pelajaran bahasa arab diantaranya adalah dengan
media gambar dan sekaligus sebagai metode tasyir. Studi ini dimaksudkan
untuk menjawab permasalahan : 1) Apakah dengan penerapan media pada
pembelajaran menghafal mufradat bahasa arab pada siswa kelas V Madrasah
Ibtidaiyah Salam gambar dapat meningkatkan
motivasi belajar? 2) Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan
hasil belajar menghafal mufradat bahasa arab pada siswa kelas V Madrasah
Ibtidaiyah Permasalahan tersebut dibahas
melalui penelitian
tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil
tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian
tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah
tindakan
kelas dilakukan persiklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)
Penerapan media gambar pada pembelajaran menghafal mufradat bahasa arab
pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan,
tindakan,
observasi dan refleksi. Pada tahap perencanaan guru merencanaakn
pembelajaran dengan mempbuat RPP, menyusun Los dan menyipakan media
gambar. Tahap
tindakan guru melakanakan
pembelajaran dengan menggunakan media konvensional pada pra siklus dan
menggunakan media gambar pada siklus I dan II juga merancang kelompok,
tahap observasi kolaborator mengamati aktivitas guru dan siswa. Tahap
refleksi guru dan kolaborator meneliti kembali hasil yang diperoleh dari
kemampuan menghafal siswa dan pengamatan guru dan siswa untuk dicari
kekurangannya dan rencanakan perbaikan pada siklus berikutnya. Tingkat
keaktifan peserta didik mengalami peningkatan setiap siklus dimana pada
siklus I tingkat keaktifan pada kategori aktif sekali dan aktif ada 7
siswa atau 59% dan di siklus II sudah mencapai 10 siswa atau 83%. Ini
menunjukkan hasil belajar sudah melebihi indikator keberhasilan yang
diinginkan dan hipotesis
tindakan
terwujud.2) Terdapat peningkatan kemampuan menghafal mufradat bahasa
arab pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Maarif Kemburan Jumoyo Salam
setelah menggunakan media gambar, hal ini dapat dilihat dari hasil
belajar dengan KKM 70 tiap siklusnya dimana pada pra siklus tingkat
ketuntasan pada pra siklus ada 5 siswa atau 42%, 8 siswa atau 67% pada
siklus I meningkat lagi pada siklus II yaitu ada 10 siswa atau 84%.
0 komentar:
Posting Komentar