Contoh PTK MI : Upaya Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Konsep Sifat-Sifat Benda Cair Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV MI
dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran
IPA khususnya materi sifat-sifat benda cair. Hal ini disebabkan karena
proses pembelajaran yang bersifat konvensional yakni lebih terpusat pada
guru (absolutivisme). Penelitian
Tindakan
Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman (Proses
terbentuknya sebuah konsep) dan hasil belajar siswa pada pembelajaran
IPA tentang sifat-sifat benda cair di kelas IV MI melalui penerapan metode eksperimen. Manfaat Penelitian
Tindakan
Kelas (PTK) ini yaitu memberikan sumbang pemikiran dalam melakukan
inovasi pembelajaran dari teacher centered ke student centered melalui
penerapan metode eksperimen sebagaimana teori yang digunakan dalam
pembelajaran IPA. Dengan demikian, siswa akan terlibat secara langsung
dalam mencari, menemukan, menggali dan memproses pengetahuannya sendiri.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimanakah
pelaksanaan metode eksperimen dalam meningkatkan pemahaman dan hasil
belajar siswa di MI 2) Apakah dengan
mengunakan metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman dan hasil
belajar siswa di MI ? Permasalahan tersebut
dibahas melalui penelitian
tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan tahapan dari setiap siklusnya adalah perencanaan,
tindakan,
observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari guru
(observer) dan siswa melalui observasi, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan data pra siklus (sebelum penelitian dilakukan) diperoleh
nilai rata-rata siswa sebesar 53,1, sedangkan data dari hasil penelitian
siklus I sampai siklus II, diperoleh data bahwa aktivitas dan hasil
belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan metode
eksperimen mengalami peningkatan secara signifikan dari pembelajaran
sebelumnya dan hasil tes juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai
siklus II yaitu sebesar 67,6% pada siklus I menjadi 79,5% pada siklus
II. Hal ini membuktikan bahwa dengan metode eksperimen dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi
pokok sifat-sifat benda cair di MI.
0 komentar:
Posting Komentar