Contoh PTK MA : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Peta Konsep pada Mata Pelajaran Fikih Bab Mawaris Kelas XI di MA

Advertisement
advertisement

Contoh PTK MA : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Peta Konsep pada Mata Pelajaran Fikih Bab Mawaris Kelas XI di MA

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di MA  Dengan Menggunakan Metode Peta Konsep Pada Mata Pelajaran Fikih Bab Mawaris. Subyek penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 MA tahun ajaran 2010-2011 yang berjumlah 41 siswa yaitu terdiri dari 16 laki-laki dan 25 perempuan. Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada siswa kelas XI MA. Dari hasil observasi secara langsung dikelas XI, penelitian tindakan dapat diketahui dengan melihat metode yang digunakan oleh guru bidang studi fikih yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah, artinya siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan pada saat pembelajaran berlangsung. Kesiapan dalam pembelajaran dan keaktifan siswa menggambarkan motivasi untuk mengikuti pembelajaran. Motivasi siswa tentunya akan sangat berpengaruh terhadap nilai yang akan didapat oleh masing-masing siswa. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan reflesi (reflecting). Dengan tehnik analisis deskriptif kualitaif, penelitian tindakan kelas ini dipilih sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Sebelum dilakukan penelitian tindakan, diawali dengan tahap pra siklus, pada tahap ini peneliti melakukan observasi tentang hasil evaluasi pembelajaran fikih bab mawaris ditahun sebelumnya. Dari data-data observasi yang peneliti dapatkan, dapat diketahui dari kondisi awal bahwasannya dikelas XI, terjadi permasalahan yaitu hasil belajar siswa dalam pembelajaran fikih bab mawaris yang rendah dan jauh dari target KKM; 65 yang ditetapkan oleh pihak madrasah. Pada pelaksanaan pra siklus diperoleh hasil rata-rata nilai siswa adalah 42,03. Kemudian dilaksanakan siklus I, dari data penelitian tindakan kelas yang telah peneliti dapatkan terjadi peningkatan nilai rata-rata pada siklus I, menjadi 60,85, tetapi masih banyak sekali siswa yang belum mencapai KKM. Dilanjutkan ke tindakan siklus II, pada tindakan ini terjadi peningkatan lagi yaitu menjadi 72,07. Kemudian dilanjutkan ke siklus III, terjadi peningkatan lagi, yaitu 75,48. Dan dirasa cukup maka peneliti menghentikan tindakan pada siklus III. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan menggunakan metode peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fikih bab mawaris di MA NU Nurul Huda tahun ajaran 2010-2011. Dan berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi, masukan, dan pengetahuan kepada semua fihak yang membutuhkan.
Advertisement
advertisement
Contoh PTK MA : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Peta Konsep pada Mata Pelajaran Fikih Bab Mawaris Kelas XI di MA | Unknown | 5

1 komentar: