Contoh PTK MI : Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Dengan Penerapan Kombinasi Metode Ceramah dan Index Card Match dalam Pembelajaran Fiqih(studi tindakan kelas III MI )

Advertisement
advertisement

Contoh PTK MI : Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Dengan Penerapan Kombinasi Metode Ceramah dan Index Card Match dalam Pembelajaran Fiqih(studi tindakan kelas III MI )

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas III MI dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus.
Hasil penelitian menunjukkan pada pra siklus dalam pembelajaran fiqih dengan materi menjelaskan ketentuan shalat sunnah rawatib, prosentase rata-rata nilai ulangan harian yaitu 48 dan prosentasenya 13,3 % masih dibawah KKM. Dan pada siklus I rata-rata nilai ulangan harian peserta didik mencapai 57,7 prosentasenya 33,3 % sedangkan pada siklus II nilai ualangan harian peserta didik mengalami peningkatan yaitu 75,5 dan prosentasenya 87 %. Data tersebut telah menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa kelas III setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan kombinasi metode ceramah dan index card match yang dibuktikan dengan adanya peningkatan keaktifan siswa ketika peserta diberi kesempatan untuk bertanya dan pada saat permainan kartu tanya jawab dimulai peserta didik terlihat aktif mencari pasangan kartu-kartu tersebut yang berisikan pertanyaan dan jawaban tentang materi yang baru dipelajari.
Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai bahan informasi tambahan bagi guru dalam melakukan perbaikan pembelajaran di kelas III MI kepada siswa sebagai upaya meningkatkan prestasi belajarnya.
Advertisement
advertisement
Contoh PTK MI : Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Dengan Penerapan Kombinasi Metode Ceramah dan Index Card Match dalam Pembelajaran Fiqih(studi tindakan kelas III MI ) | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar