Contoh PTK MA : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Peta Konsep pada Mata Pelajaran Fikih Bab Mawaris Kelas XI di MA
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di MA Dengan Menggunakan Metode Peta Konsep Pada Mata
Pelajaran Fikih Bab Mawaris. Subyek penelitian ini adalah kelas XI IPS 1
MA tahun ajaran 2010-2011 yang berjumlah 41 siswa yaitu
terdiri dari 16 laki-laki dan 25 perempuan. Penelitian ini menggunakan
studi tindakan (action research) pada siswa kelas XI MA. Dari hasil observasi secara langsung dikelas XI, penelitian tindakan
dapat diketahui dengan melihat metode yang digunakan oleh guru bidang
studi fikih yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan
cenderung terjadi komunikasi satu arah, artinya siswa cenderung pasif
dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan
pada saat pembelajaran berlangsung. Kesiapan dalam pembelajaran dan
keaktifan siswa menggambarkan motivasi untuk mengikuti pembelajaran.
Motivasi siswa tentunya akan sangat berpengaruh terhadap nilai yang akan
didapat oleh masing-masing siswa. Penelitian ini terdiri dari tiga
siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan
(planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan reflesi (reflecting). Dengan tehnik analisis deskriptif kualitaif, penelitian tindakan kelas ini dipilih sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Sebelum dilakukan penelitian tindakan,
diawali dengan tahap pra siklus, pada tahap ini peneliti melakukan
observasi tentang hasil evaluasi pembelajaran fikih bab mawaris ditahun
sebelumnya. Dari data-data observasi yang peneliti dapatkan, dapat
diketahui dari kondisi awal bahwasannya dikelas XI, terjadi permasalahan
yaitu hasil belajar siswa dalam pembelajaran fikih bab mawaris yang
rendah dan jauh dari target KKM; 65 yang ditetapkan oleh pihak madrasah.
Pada pelaksanaan pra siklus diperoleh hasil rata-rata nilai siswa
adalah 42,03. Kemudian dilaksanakan siklus I, dari data penelitian tindakan
kelas yang telah peneliti dapatkan terjadi peningkatan nilai rata-rata
pada siklus I, menjadi 60,85, tetapi masih banyak sekali siswa yang
belum mencapai KKM. Dilanjutkan ke tindakan siklus II, pada tindakan
ini terjadi peningkatan lagi yaitu menjadi 72,07. Kemudian dilanjutkan
ke siklus III, terjadi peningkatan lagi, yaitu 75,48. Dan dirasa cukup
maka peneliti menghentikan tindakan pada
siklus III. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan menggunakan metode
peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
fikih bab mawaris di MA NU Nurul Huda tahun ajaran 2010-2011. Dan
berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi,
masukan, dan pengetahuan kepada semua fihak yang membutuhkan.
bagus tapi down loudnya sulit
BalasHapus