Contoh PTK MI : Upaya Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Konsep Sifat-Sifat Benda Cair Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV MI

Advertisement
advertisement

Contoh PTK MI : Upaya Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Konsep Sifat-Sifat Benda Cair Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV MI 

rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya materi sifat-sifat benda cair. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang bersifat konvensional yakni lebih terpusat pada guru (absolutivisme). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman (Proses terbentuknya sebuah konsep) dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang sifat-sifat benda cair di kelas IV MI melalui penerapan metode eksperimen. Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu memberikan sumbang pemikiran dalam melakukan inovasi pembelajaran dari teacher centered ke student centered melalui penerapan metode eksperimen sebagaimana teori yang digunakan dalam pembelajaran IPA. Dengan demikian, siswa akan terlibat secara langsung dalam mencari, menemukan, menggali dan memproses pengetahuannya sendiri. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimanakah pelaksanaan metode eksperimen dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa di MI  2) Apakah dengan mengunakan metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa di MI Sultan Agung 03 Sukolilo Pati? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan tahapan dari setiap siklusnya adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari guru (observer) dan siswa melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan data pra siklus (sebelum penelitian dilakukan) diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 53,1, sedangkan data dari hasil penelitian siklus I sampai siklus II, diperoleh data bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan metode eksperimen mengalami peningkatan secara signifikan dari pembelajaran sebelumnya dan hasil tes juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu sebesar 67,6% pada siklus I menjadi 79,5% pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi pokok sifat-sifat benda cair di MI Sultan Agung 03 Sukolilo Pati tahun 2012.Jadi, penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang sifat-sifat benda cair di kelas IV MI .
Advertisement
advertisement
Contoh PTK MI : Upaya Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Konsep Sifat-Sifat Benda Cair Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV MI | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar