Contoh PTK MTs : UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII MELALUI PENERAPAN METODE GALLERY WALK DAN SIMULASI (Studi Tindakan Di MTs)

Advertisement
advertisement

Contoh PTK MTs : UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII MELALUI PENERAPAN METODE GALLERY WALK DAN SIMULASI (Studi Tindakan Di MTs)

Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas VIII MTs . Dari hasil observasi secara langsung di kelas VIII sebelum penelitian tindakan, dapat diketahui bahwa metode yang diberikan guru pada materi pelajaran fikih masih menggunakan metode ceramah, peserta didik menunjukkan sikap yang kurang berkeaktifan dan cenderung pasif dalam mengikuti pelajaran. Hal ini dapat dilihat pada saat proses pembelajaran itu berlangsung. Selama proses pembelajaran, beberapa dari peserta didik tersebut tidak memperhatikan penjelasan materi yang diberikan oleh guru dan ada juga yang melakukan aktivitas yang lain, seperti mengantuk, mengobrol dengan teman bahkan ada yang mengerjakan tugas mata pelajaran yang lain. Sehinga peserta didik tidak berperan aktif dalam mengikuti pelajaran. Obyek penelitian ini adalah di MTs . Dalam penelitian ini peneliti menggunakan kelas VIII B untuk penerapan pembelajaran melalui penerapan metode gallery walk dan simulasi yang jumlah siswanya ada 41 peserta didik.

Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan penerapan metode metode gallery walk dan simulasi dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik menjadi aktif dalam belajar dan hasil belajar menjadi maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada tahap pra siklus keaktifan belajar peserta didik mempunyai prosentase 61,43 % dan rata-rata nilai akhir 63,90. Pada siklus 1 setelah dilaksanakan tindakan keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 68,58 % dan rata-rata tes akhir 68,90. Sedangkan pada siklus 2 setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus 2 keaktifan belajar mengalami peningkatan yaitu keaktifan peserta didik dapat diprosentasekan menjadi 78,58 % dan rata-rata tes akhir peserta didik adalah 74,76. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan sesudah diterapkan metode gallery walk dan simulasi dengan sebelumnya.
Advertisement
advertisement
Contoh PTK MTs : UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII MELALUI PENERAPAN METODE GALLERY WALK DAN SIMULASI (Studi Tindakan Di MTs) | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar