Contoh PTK MTs : Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fiqih Melalui Pendekatan Contextual Teching And Learning (Studi Tindakan di Kelas VII MTs)

Advertisement
advertisement

Contoh PTK MTs : Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fiqih Melalui Pendekatan Contextual Teching And Learning (Studi Tindakan di Kelas VII MTs)

Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas VII MTs. . Dari hasil observasi secara langsung di kelas VII melalui pra siklus penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran fiqih yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum maksimal artinya belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Kesiapan dalam pembelajaran dan keaktifan peserta didik menggambarkan semangat untuk mengikuti pembelajaran. Obyek penelitian ini adalah di MTs.  dengan populasi 146 peserta didik yang terbagi dalam 5 kelas yaitu kelas VIIA 28 peserta didik, VII B 27 peserta didik, VIII 44 peserta didik, IX A 23 peserta didik, kelas IX B 24 peserta didik. Dalam penelitian ini peneleti menggunakan satu kelas untuk menerapkan model pembelajaran dengan berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) yaitu kelas VII B yang jumlahnya ada 27 peserta didik.

Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dengn menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik menjadi semangat belajar dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada tahap pra siklus semangat belajar peserta didik mempunyai prosentase 61 % dan rata-rata tes akhir 63,85. Pada siklus 1 setelah dilaksanakan tindakan semangat belajar peserta didik meningkat menjadi 68,57 % dan rata-rata tes akhir 67,63. Sedangkan pada siklus 2 setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus 2 semangat belajar mengalami peningkatan yaitu semangat peserta didik dapat diprosentasekan menjadi 77,14 % dan rata-rata tes akhir peserta didik adalah 74, 30. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan sebelum diterapkan model pembelajaran secara kontekstual dengan sebelumnya. Namun dari penelitian tersebut terdapat siswa yang dari tahap pra siklus, siklus pertama dan kedua mempunyai nilai skor tes akhir dibawah kriteria ketuntasan minimal, hal ini disebabkan karena beberapa hal yaitu karena kondisi kekeluargaan yang tidak mendukung dan memang daya ingat atai tingkat intelektualitas maupun IQ yang rendah.
Advertisement
advertisement
Contoh PTK MTs : Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fiqih Melalui Pendekatan Contextual Teching And Learning (Studi Tindakan di Kelas VII MTs) | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar