Contoh PTK MI : penerapan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban pada mata pelajaran fiqih materi pokok kurban untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas V MI

Advertisement
advertisement

Contoh PTK MI : penerapan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban pada mata pelajaran fiqih materi pokok kurban untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas V MI 

dilatarbelakangi oleh pembelajaran fiqih di MI selama ini proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, dan mendikte sehingga menjadikan siswa hanya menerima materi secara pasif, Untuk mengatasi kepasifan peserta didik salah satu bentuk pembelajran yang bisa dilakukan adalah cooperatif learning dengan strategi bermain jawaban yaitu sebuah permainan yang dapat melibatkan semua peserta didik dari awal sampai akhir. Dalam permainan ini mereka ditantang untuk mencari jawaban yang benar dan sekaligus bergantung pada faktor keberuntungan. Permainan ini dapat digunakan untuk pre-test maupun post-test, di samping tentunya untuk mengajarkan materi baru. Dalam permainan ini guru mengajar dengan menggunakan jawaban-jawaban yang ditemukan oleh peserta didik.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimana penerapan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban pada mata pelajaran fiqih materi pokok kurban di kelas V MI  2) Adakah peningkatan prestasi belajar mata pelajaran fiqih materi pokok kurban di kelas V MI setelah menerapkan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi prestasi tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban pada mata pelajaran fiqih materi pokok kurban di kelas V MI dilakukan dalam empat tahap yaitu melalui perencanaan dengan mempersiapkan RPP, tes, Los dan lain-lain, pelaksanaan dengan melakukan tindakan mulai dari menerangkan materi, kerja kelompok untuk menjawab pertanyaan yang diberikan dan setiap kelompok mencari jawaban dari kotak yang telah di sediakan kemudian diskusi kelas, Observasi dilakukan dengan mengamanati keaktifan siswa pada saat pembelajaran, setelah nilai dan keaktifan di peroleh langkah terakhir yang dilakukan peneliti adalah merefleksi pembelajaran untuk di temukan solusi pada siklus berikutnya. 2) Ada peningkatan prestasi belajar mata pelajaran fiqih materi pokok kurban di kelas V MI setelah menerapkan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban. Hal ini terlihat dari peningkatan prestasi belajar siswa dalam tiap siklusnya dimana pada pra siklus tingkat ketuntasan dengan KKM 70 ada 61% naik menjadi 72% pada siklus I dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi 85%. Kenaikan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa yaitu pada pra siklus yang berada pada kategori baik sekali dan baik ada 46% naik menjadi 61% pada siklus I dan setelah dilakukan pada siklus II menjadi 82%. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima yaitu ada peningkatan prestasi belajar mata pelajaran fiqih materi pokok kurban di kelas V MI setelah menerapkan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban.
Advertisement
advertisement
Contoh PTK MI : penerapan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban pada mata pelajaran fiqih materi pokok kurban untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas V MI | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar