Contoh PTK PAUD : Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah dengan Metode Drill Siswa RA

Advertisement
advertisement

Contoh PTK PAUD : Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah dengan Metode Drill Siswa RA

untuk menguji penggunaan metode drill dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah siswa RA. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Implementasi tindakan yang dilakukan adalah menerapkan pembelajaran dengan latihan yang diulang-ulang di waktu yang singkat yang meliputi langkah-langkah pembelajaran : (1) menyiapkan buku qiroati, (2) mendengarkan bacaan huruf hijaiyah, (3) membaca huruf hijaiyah bersama-sama, (4) mengulang-ulang bacaan huruf hijaiyah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui : (1) tes membaca, (2) wawancara, (3) observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif, dan deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini adalah penerapan metode drill dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah siswa RA. Hal tersebut terlihat dari prosentase kemampuan membaca huruf hijaiyah siswa. Sebelum diberi tindakan (pra-tindakan) siswa yang belum mampu membaca 71,43% ; siswa yang kurang lancar membaca 21,43%; siswa yang cukup lancar membaca 7,14%; tetapi setelah diberi tindakan I siswa yang lancar membaca naik menjadi 21,43%; setelah tindakan II siswa yang lancar membaca 57,14%; pada akhir tindakan III siswa yang lancar membaca dengan fasih mencapai 85,71%. Hasil yang dicapai dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah dengan metode drill mengalami peningkatan sesuai tujuan yang diharapkan.
Advertisement
advertisement
Contoh PTK PAUD : Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah dengan Metode Drill Siswa RA | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar