Contoh PTK MTs : Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Bimbingan Belajar (Studi Tindakan Pada Siswa Kelas VII MTs)

Advertisement
advertisement

 Contoh PTK MTs : Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Bimbingan Belajar (Studi Tindakan Pada Siswa Kelas VII MTs)


studi tindakan (action research) pada siswa kelas VII MTs  yang mempunyai minat belajar rendah dengan menggunakan instrumen angket. Dari hasil penyebaran angket ada 11 siswa dari 25 siswa kelas VII yang dijadikan sampel mempunyai minat belajar rendah. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan skor angket maksimum adalah 68, dan skor minimumnya adalah 45 sedangkan rata-ratanya adalah 57,4 sehingga diperoleh 11 siswa dari 25 siswa yang dijadikan sampel berada di bawah rata-rata kelas.

Setelah dilaksanakan tindakan melalui bimbingan belajar dengan menciptakan suasana yang dinamis dan menghilangkan rasa takut 11 siswa tersebut dapat beradaptasi dengan 14 siswa lainnya. Bimbingan belajar ini dilakukan dengan tiga siklus. Setelah tindakan siklus I ada 4 siswa (36,36 %) mengalami peningkatan minat belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yaitu Zainal Arifin, Anwar Khadofi, Abdul Fatah Nalimudin dan Hilman Fikri. Sedangkan 7 siswa lainnya belum mengalami peningkatan. Setelah diadakan bimbingan belajar pada siklus II ada 4 anak (72,73%) mengalami peningkatan belajar yaitu Uswatun Khasanah, Ani Mulyani, Rikmah Triyani dan Azkiyah. Berlanjut ke bimbingan belajar pada siklus III, 3 dari siswa yang masih mengalami kesulitan belajar dapat teratasi. Teratasinya minat belajar siswa diharapkan dapat meningkat pula prestasi belajarnya.
Advertisement
advertisement
Contoh PTK MTs : Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Bimbingan Belajar (Studi Tindakan Pada Siswa Kelas VII MTs) | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar