Contoh PTK SD : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Mind Mapping pada Mata Pelajaran PAI Standar Kompetensi Membiasakan Perilaku Terpuji dan Mengenal Puasa Wajib Kelas V SDN

Advertisement
advertisement

Contoh PTK SD : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Mind Mapping pada Mata Pelajaran PAI Standar Kompetensi Membiasakan Perilaku Terpuji dan Mengenal Puasa Wajib Kelas V SD

Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI Standar Kompetensi Membiasakan Perilaku Terpuji dan Mengenal Puasa Wajib kelas V, dengan menggunakan metode Mind Mapping. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDyang berjumlah 26 siswa yaitu terdiri dari 13 siswa laki- laki dan 13 siswa perempuan, dan 1 siswa yang beragama kristen.
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan kegiatan yaitu (1) Perencanaan (planning) (2) pelaksanaan tindakan (acting) (3) pengamatan (observing) dan Refleksi (reflecting). Dengan tehnik analisis deskriptif kualitatif, penelitian Tindakan Kelas ini dipilih sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Sebelum dilakukan tindakan berupa siklus 1 dan siklus 2 , diawali dengan tahap pra siklus pada tahap ini peneliti melakukan observasi tentang pembelajaran PAI yang diterapkan di kelas V.
Dari data- data observasi yang peneliti dapatkan, dapat diketahui dari kondisi awal bahwasanya di kelas V, terjadi permasalahan yaitu hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI yang rendah dan jauh dari target KKM: 65 yang ditetapkan oleh pihak SD. Dari data penelitian pra siklus dapat diketahui bahwa hasil pembelajaran PAI yang dilaksanakan di kelas V masih menggunakan metode ceramah atau metode konvensional, dari hal itu siswa menjadi pasif dan malah ada yang mengantuk didalam kelas dan pada waktu diadakan ulangan hasilnya masih dibawah KKM. Pada pelaksanaan pra siklus ini diperoleh hasil sebesar 62,6%. Kemudian dilakukan tindakkan siklus I pada pembelajaran PAI Standar Kompetensi Membiasakan Perilaku Terpuji dengan menggunakan metode Mind Mapping, dari data penelitian tindakan kelas yang telah peneliti dapatkan terjadi perubahan pada siklus 1, menjadi 68,4%, tetapi masih ada 8 anak yang nilainya belum mencapai KKM. Dilanjutkan ketindakkan siklus 2 pada pembelajaran PAI Standar Kompetensi Mengenal Puasa Wajib, pada tindakan ini menjadi 73,8% walaupun masih ada 3 anak yang belum mencapai nilai KKM, kemudian dilakukan tes remidial ulang. Dan dirasa cukup maka penelitian dihentikan sampai pada siklus 2.
Sehingga hasil penelitian membuktikan bahwa dengan mengunakan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI Standar Kompetensi Membiasakan Perilaku Terpuji dan Mengenal Puasa Wajib di kelas V SD.
Advertisement
advertisement
Contoh PTK SD : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Mind Mapping pada Mata Pelajaran PAI Standar Kompetensi Membiasakan Perilaku Terpuji dan Mengenal Puasa Wajib Kelas V SDN | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar