Contoh PTK MI :Penerapan Pendekatan Discovery Inquiry Pada Pembelajaran Fiqih Materi Pokok Infaq Dan Shadaqoh Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mi
dilatar belakangi adanya proses pembelajaran fiqih yang terjadi di kelas IV MI proses pembelajaran masih bersifat teacher centered, siswa pasif dalam kegiatan pembelajran karena diberi sedikit ruang untuk aktif dalampembelajaran yang dilakukan, guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dan mendikte sehingga menjadikan anak hanya terfokus mendengarkan dan mencatat, tanpa banyak menggali pengetahuan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimanakah penerapan pendekatan discovery Inquiry pada pembelajaran fiqih materi pokok infaq dan shadaqoh di kelas IV MI ? 2) Apakah ada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI pada pembelajaran fiqih materi pokok infaq dan shadaqoh setelah menerapkan pendekatan discovery Inquiry?.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan per siklus 1) Penerapan pendekatan discovery Inquiry pada pembelajaran fiqih materi pokok infaq dan shadaqoh di kelas IV MI dilakukan dengan berbagai siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi, perencanaan dilakukan peneliti yaitu peneliti membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (terlampir), menyusun LKS (terlampir), merancang pembentukan kelompok, menyusun kuis (terlampir), dan menyusun RPP, peneliti menyiapkan lembar observasi (terlampir), pendokumentasian, lembar refleksi dan evaluasi, sedng pada tahap tindakan ini merupakan proses pembelajaran yang dilakukan yang dimulai dari persiapan dengan doa dan absensi sementar itu setting kelas dengan setting biasa, huruf U dan lingkaran, selain itu juga menggunakan beberapa media untuk memperjelas materi yang disampaikan seperti pemuutaran film dan cerita, kemudian pada tahap pelaksanaan pembelajaran dengan guru menerangkan meteri tanya jawab, pembagian kelompok, kerja tim, diskusi kelas, dan pemberian aprisiasi dan pada tahap penutup guru mengajak berdoa bersama, tahap observasi paeneliti meneliti kegitan siswa dan hasil nilai siswa tiap siklus, dari hasil observasi tersebut di refleksi untuk pedoman pembelajaran siklus berikutnya. 2) Peningkatan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI pada pembelajaran fiqih materi pokok infaq dan shadaqoh setelah menerapkan pendekatan discovery Inquiry dapat di lihat dari tingkat ketuntasan belajar siswa persiklus yaitu pada pra siklus 9,5% menjadi 33,3% pada siklus I, naik menjadi 66,7% pada siklus II dan terakhir pada siklus III sudah mencapai 85,7%. Demikian juga dengan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran PAI materi pokok nfaq dan shadaqoh juga meningkat persiklus yaitu di siklus I keaktifan siswa mencapai 23,8% naik menjadi 66,7% pada siklus II dan pada siklus III sudah mencapai 80,9% ini menunjukkan apa dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan pendekatan discovery Inquiry pada pembelajaran fiqih materi pokok infaq dan shadaqoh di kelas IV MI berhasil.
0 komentar:
Posting Komentar