Contoh PTK SMA : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dengan Metode Quantum Teaching dan Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil pada Materi Pokok Logika Matematika di Kelas XI SMA
Quantum Teaching dan tutor sebaya terhadap hasil belajar pada materi
pokok logika matematika. Penelitian ini, bertujuan untuk meningkatkan
hasil belajar dengan metode Quantum Teaching dan tutor sebaya dalam
kelompok kecil pada materi pokok logika matematika di kelas X-1 .Penelitian ini menggunakan studi
tindakan
(action research) pada peserta didik kelas X-1. Obyek penelitian ini adalah di . Dalam penelitian ini, peneliti
menggunakan satu kelas untuk menerapkan metode Quantum Teaching dan
Tutor Sebaya dalam kelompok kecil yaitu kelas X-1 yang berjumlah 45
peserta didik yang terdiri dari 19 putra dan 26 putri. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi terbuka, dokumentasi,
dan tes evaluasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah
meningkatnya hasil belajar yaitu nilai rata-rata kelas 74 dengan
ketuntasan belajar klasikal 75%.Pada penelitian
tindakan kelas ini dirancang 2 (dua) siklus. Setiap siklus ada 4 (empat) tahap yaitu perencanaan (planning),
tindakan
(action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection).
Masing-masing siklus dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. PTK
berfokus pada kelas atau pada proses pembelajaran yang terjadi di kelas,
pada input (silabus, materi, dan lain-lain) ataupun output (hasil
belajar). Pada tahap pra siklus sebelum dilaksanakan
tindakan nilai rata-rata peserta didik 69,9 dengan ketuntasan belajar klasikal 52,25%. Pada tahap siklus I setelah dilaksanakan
tindakan
nilai rata-rata peserta didik mencapai 87,64 dengan ketuntasan belajar
klasikal 80%. Kemudian pada siklus II setelah diadakan evaluasi
pelaksanaan
tindakan nilai rata-rata hasil
belajar peserta didik mengalami peningkatan lagi yaitu mencapai 90,82
dengan ketuntasan belajar klasikal 93%. Dari dua tahap tersebut jelas
bahwa ada peningkatan setelah diterapkan metode Quantum Teaching dan
Tutor Sebaya dalam kelompok kecil. Namun dari penelitian tersebut
terdapat peserta didik yang dari tahap siklus II mempunyai nilai skor
terakhir dan nilai tes akhirnya dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) yaitu 70, hal ini disebabkan karena beberapa hal yaitu karena
kondisi keluarga yang tidak mendukung dan karena memang daya ingat atau
tingkat intelektualitas yang kurang.Berdasarkan hasil penelitian, dapat
disimpulkan bahwa metode Quantum Teaching dan Tutor Sebaya dalam
kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pokok logika
matematika kelas X-1 . Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat
memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru,
sekolah) di untuk dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika
dan dapat memberikan dorongan atau motivasi belajar kepada peserta didik
agar bisa berprestasi dan menjadi yang terbaik.
0 komentar:
Posting Komentar