Contoh PTK SMA : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dengan Metode Quantum Teaching dan Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil pada Materi Pokok Logika Matematika di Kelas XI MA

Advertisement
advertisement

Contoh PTK SMA : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dengan Metode Quantum Teaching dan Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil pada Materi Pokok Logika Matematika di Kelas XI SMA 

Quantum Teaching dan tutor sebaya terhadap hasil belajar pada materi pokok logika matematika. Penelitian ini, bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan metode Quantum Teaching dan tutor sebaya dalam kelompok kecil pada materi pokok logika matematika di kelas X-1 .Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas X-1. Obyek penelitian ini adalah di . Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan metode Quantum Teaching dan Tutor Sebaya dalam kelompok kecil yaitu kelas X-1 yang berjumlah 45 peserta didik yang terdiri dari 19 putra dan 26 putri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi terbuka, dokumentasi, dan tes evaluasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar yaitu nilai rata-rata kelas  74 dengan ketuntasan belajar klasikal  75%.Pada penelitian tindakan kelas ini dirancang 2 (dua) siklus. Setiap siklus ada 4 (empat) tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Masing-masing siklus dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. PTK berfokus pada kelas atau pada proses pembelajaran yang terjadi di kelas, pada input (silabus, materi, dan lain-lain) ataupun output (hasil belajar). Pada tahap pra siklus sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata peserta didik 69,9 dengan ketuntasan belajar klasikal 52,25%. Pada tahap siklus I setelah dilaksanakan tindakan nilai rata-rata peserta didik mencapai 87,64 dengan ketuntasan belajar klasikal 80%. Kemudian pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan lagi yaitu mencapai 90,82 dengan ketuntasan belajar klasikal 93%. Dari dua tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan metode Quantum Teaching dan Tutor Sebaya dalam kelompok kecil. Namun dari penelitian tersebut terdapat peserta didik yang dari tahap siklus II mempunyai nilai skor terakhir dan nilai tes akhirnya dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70, hal ini disebabkan karena beberapa hal yaitu karena kondisi keluarga yang tidak mendukung dan karena memang daya ingat atau tingkat intelektualitas yang kurang.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode Quantum Teaching dan Tutor Sebaya dalam kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pokok logika matematika kelas X-1 . Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, sekolah) di untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika dan dapat memberikan dorongan atau motivasi belajar kepada peserta didik agar bisa berprestasi dan menjadi yang terbaik.
Advertisement
advertisement
Contoh PTK SMA : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dengan Metode Quantum Teaching dan Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil pada Materi Pokok Logika Matematika di Kelas XI MA | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar