Contoh PTK PAUD :Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Kompetensi Dasar Agama Islam dengan Strategi PAIKEM Metode Index Card Match (Studi Tindakan Pada Kelompok B Semester Ganjil di RA

Advertisement
advertisement

Contoh PTK PAUD :Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Kompetensi Dasar Agama Islam dengan Strategi PAIKEM Metode Index Card Match (Studi Tindakan Pada Kelompok B Semester Ganjil di RA

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus.
Hasil penelitian menunjukkan : 1) Pelaksanaan Pembelajaran Kompetensi Dasar Agama Islam melalui strategi PAIKEM metode index card match pada siswa kelompok B di RA dimulai dengan membaca do’a bersama, kemudian guru menerangkan materi yang ada pada Kompetensi Dasar Agama Islam seperti huruf hijaiyah, selanjutnya guru menyiapkan kartu pasangan sebanyak 24 kartu, 12 kartu berupa huruf hijaiyah dan 12 kartu bacaan dengan huruf latin, kemudian guru mempersilahkan siswa untuk memilih kartu dan mencari pasangan kartunya, langkah selanjutnya guru mempersilahkan siswa untuk membaca dengan keras kartu yang dia pilih dan pasangannya, langkah selanjutnya guru mengklarifikasi kartu pasangan siswa dan mengakhiri dengan do’a bersama. 2) Penigkatan keaktifan peserta didik pada Pembelajaran Kompetensi Dasar Agama Islam pada kelompok B di RA melalui strategi PAIKEM metode index card match dapat dilihat dari hasil dari tiap siklus dari sudut kemampuan membaca mengalami peningkatan dimana pada pra siklus tingkat ketuntasannya 3,2 % naik menjadi 6,25% pada siklus I, naik lagi pada siklus II menjadi 31,25 %, pad akhir siklus II menjadi 93,7%. Sedangkan keaktifan belajar siswa juga mengalami kenaikan dimana pada siklus I 37,5% naik menjadi 78,7% pada siklus II, pada akhir siklus III menjadi 93,7% Pada akhir siklus II, ini menunjukkan ketuntasan belajar sudah mencapai diatas 70 % begitu juga pada keaktifan baik terutama pada kategori baik dan baik sekali sudah mencapai diatas 70 %, ini menunjukkan proses pelaksanaan strategi PAIKEM metode index card match pada siswa kelompok B di RA pada kompetensi dasar agama Islam dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa.
Advertisement
advertisement
Contoh PTK PAUD :Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Kompetensi Dasar Agama Islam dengan Strategi PAIKEM Metode Index Card Match (Studi Tindakan Pada Kelompok B Semester Ganjil di RA | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar