Contoh PTK MI : Penggunaan Metode Small Group Discussion untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V MI
Hasil belajar siswa MI , setelah dianalisis mempunyai hasil yang
rendah. Hal tersebut ditunjukkan dengan rata-rata 51,3 sebelum diadakan
tindakan kelas. Hal ini diduga karena metode pembelajaran yang diterapkan belum tepat. Maka dalam penelitian
tindakan
kelas ini digunakan metode Small Group Discussion (diskusi kelompok
kecil) pada pelajaran SKI di mana dalam penerapan metode ini membuat
sedemikian menarik supaya dapat membangkitkan minat belajar, kemauan
dalam belajar SKI. Tolok ukur keberhasilan penelitian
tindakan
kelas ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa dalam pelajaran SKI
yang ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata. Dari hasil penelitian
diperoleh hasil pada siklus I rata-rata hanya 60,0. Kemudian meningkat
pada siklus II rata-rata 65,9.
0 komentar:
Posting Komentar