Contoh PTK MI : Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Mufradat Bahasa Arab Materi Fi Al-Maktabah dengan Media Gambar (Studi Tindakan pada Kelas V Madrasah Ibtidaiyah

Advertisement
advertisement

Contoh PTK MI : Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Mufradat Bahasa Arab Materi Fi Al-Maktabah dengan Media Gambar (Studi Tindakan pada Kelas V Madrasah Ibtidaiyah

dilatar belakangi di kelas V Madrasah Ibtidaiyah  Salam proses pembelajaran masih menggunakan media konvensional seperti papan tulis dan kapur tulis sehingga siswa kurang tertarik dengan pembelajarannya dan pada akhirnya hasil yang didapatkan jauh dari ideal, jika dilihat dari tingkat ketuntasan pada semester 1 tahun ajaran 2010/2011 hanya berkisar pada 42 % dari jumlah seluruh peserta didik. Sebagai upaya meningkatkan kemampuan anak dalam menghafal mufradat bahasa arab pada mata pelajaran bahasa arab diantaranya adalah dengan media gambar dan sekaligus sebagai metode tasyir. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Apakah dengan penerapan media pada pembelajaran menghafal mufradat bahasa arab pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah  Salam gambar dapat meningkatkan motivasi belajar? 2) Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar menghafal mufradat bahasa arab pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah  Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media gambar pada pembelajaran menghafal mufradat bahasa arab pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pada tahap perencanaan guru merencanaakn pembelajaran dengan mempbuat RPP, menyusun Los dan menyipakan media gambar. Tahap tindakan guru melakanakan pembelajaran dengan menggunakan media konvensional pada pra siklus dan menggunakan media gambar pada siklus I dan II juga merancang kelompok, tahap observasi kolaborator mengamati aktivitas guru dan siswa. Tahap refleksi guru dan kolaborator meneliti kembali hasil yang diperoleh dari kemampuan menghafal siswa dan pengamatan guru dan siswa untuk dicari kekurangannya dan rencanakan perbaikan pada siklus berikutnya. Tingkat keaktifan peserta didik mengalami peningkatan setiap siklus dimana pada siklus I tingkat keaktifan pada kategori aktif sekali dan aktif ada 7 siswa atau 59% dan di siklus II sudah mencapai 10 siswa atau 83%. Ini menunjukkan hasil belajar sudah melebihi indikator keberhasilan yang diinginkan dan hipotesis tindakan terwujud.2) Terdapat peningkatan kemampuan menghafal mufradat bahasa arab pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Maarif Kemburan Jumoyo Salam setelah menggunakan media gambar, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar dengan KKM 70 tiap siklusnya dimana pada pra siklus tingkat ketuntasan pada pra siklus ada 5 siswa atau 42%, 8 siswa atau 67% pada siklus I meningkat lagi pada siklus II yaitu ada 10 siswa atau 84%.
Advertisement
advertisement
Contoh PTK MI : Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Mufradat Bahasa Arab Materi Fi Al-Maktabah dengan Media Gambar (Studi Tindakan pada Kelas V Madrasah Ibtidaiyah | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar